utamakan-kesejahteraan-hewan-pizza-marzano-pakai-telur-bebas-kandang-1

Utamakan Kesejahteraan Hewan, Pizza Marzano Pakai Telur Bebas Kandang

Perkataan. com – Jaringan restoran Pizza Marzano mengumumkan kebijakan untuk cuma memakai telur bebas kampung baterai di Indonesia, sebuah keputusan yang menurut para-para ilmuwan dan pendukung kesejahteraan hewan, secara signifikan dapat meningkatkan kesejahteraan ayam petelur.

Kebijakan tersebut dicapai sesudah berbulan-bulan berdialog dengan Act For Farmed Animals (AFFA), koalisi LSM perlindungan hewan Sinergia Animal and Animal Friends Jogja.

Perusahaan yang merupakan bagian dari grup internasional Pizza Express ini mulai menggunakan telur bebas kandang aki di semua lokasi dalam Indonesia pada Februari 2021, dan akan menyelesaikan transisi penuh dalam rantai pasokan mereka pada tahun 2025.

“Pizza Marzano mengambil sikap yang betul penting dengan mengumumkan janji ini di Indonesia. Ayam sangat menderita ketika itu dikurung dalam kandang baterai kecil, di mana itu bahkan hampir tidak mampu bergerak. Konsumen tentu bakal senang dengan langkah tersebut karena mereka kini semakin paham dan sadar mengenai makanan yang mereka pilih”, komentar Elly Mangunsong, Corporate Outreach Coordinator dari AFFA melalui siaran pers dengan Suara. com.

Kandang aki adalah sistem produksi telur intensif yang menempatkan mandung di ruang yang betul padat sehingga tidak dapat berjalan dengan bebas, mematuk, atau merentangkan sayap sepenuhnya, yang merupakan perilaku alami yang sangat penting untuk kesejahteraan ayam petelur.

Baca Pula: Jadi Mirip Telur Ceplok, Penampakan Nastar Ini Bikin Warganet Awet Tawa

Dalam pola kurungan jenis ini, penuh hewan menderita cedera serta bulu rontok karena kontak terus-menerus dengan kawat kampung. Sekitar 80 persen produksi telur di Indonesia berpangkal dari kandang baterai, yang berarti lebih dari 120 juta ayam menghabiskan seluruh hidupnya dalam kondisi laksana ini.

Selain itu, patuh beberapa penelitian terbesar dengan pernah dilakukan, jenis penerapan ini memiliki risiko bertambah tinggi terkontaminasi Salmonella, kuman yang dapat berakibat mematikan. Oleh karena itu, transisi ke telur bebas negeri juga dapat dikaitkan secara peningkatan keamanan pangan.

Pada Indonesia sendiri, Pizza Marzano memiliki 20 gerai. Restoran ini sekarang menjadi arah dari tren global dengan mengubah cara pandang tentang produksi telur. Perusahaan gembung lainnya, seperti Burger King dan Autogrill, juga telah mengumumkan komitmen telur khali kandang baru-baru ini pada Indonesia, setelah percakapan secara AFFA.

“Meskipun pengumuman ini merupakan kemajuan yang penting, jalan yang harus ditempuh masih panjang untuk melindungi hewan-hewan tersebut di Indonesia. Untuk mencegah ayam lain mengalami seluruh penderitaan dan rasa lara di dalam kandang, kami meminta perusahaan makanan lain, termasuk McDonald’s, untuk juga beristirahat menjual produk yang dibuat dengan telur dari ayam yang dikurung di Nusantara, ” tutup Elly.

Baca Pula: Masuki Pertengahan Bulan Ramadhan, Harga Telur Ayam di Gunungkidul Anjlok

About the author