Panik Cari Ide Menulis? Jajal Trik Unik dari Penulis Buku NKCTHI

–>

Suara. com – Menjadi penulis buku sungguh tidak mudah, pasti ada metode jatuh bangun sebelum menelurkan sebuah karya. Termasuk dalam pencarian konsep.  

Niat saja tentu tidak cukup, perlu ide dan jalan cerita yang menarik agar pembaca mampu betah menikmatinya.  

Nah jika kamu medium bingung dan mencari ide buat menulis, penulis buku Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI), Marchella F. P punya trik unik yang bisa kamu coba.  

Menurutnya, ternyata tidak perlu berputar jauh untuk menemukan ide dan mendengar cerita dari pelosok Nusantara. Selain berangkat dari pengalamannya karakter, Marchella juga kerap mendengarkan rencana melalui media sosialnya.

“Aku nulis kunci emang pengalaman pribadi dari 2016 sampai 2017. Dari 2017 ke 2018 aku riset setahun, dengerin cerita orang mau tahu beraneka macam sudut pandang dan itu ngebantu banget, ” ujar Marchella di acara Dove Super Class Launch, Rabu (9/9/2020).

Penulis NKCTHI. (Dok: Dove)
Penulis NKCTHI. (Dok: Dove)

Biasanya ia setiap hari ataupun beberapa waktu sekali melalui instagram storynya ia akan memancing teman-temannya untuk bercerita dengan pertanyaan. Banyak yang akhirnya bercerita, tak setengah-setengah ia bisa mendapatkan ratusan rencana setiap malamnya.

“Aku misalnya di insta story pertanyaan ‘apa kalimat terjahat yang pernah didapatkan? ‘. Awak ambil ceritanya, aku bisa nerima 400 sampai 700 cerita di setiap malam, dan itu biasanya gunanya untuk menambah perspektif aku, ” ungkap Marchella.

Melalui cerita-cerita itu, bukan cuma Marchella bisa mendapatkan ide tapi juga perspektif baru dalam hidup. Perempuan yang sudah menulis tujuh buku itu, akhirnya jadi memafhumi hidup bukan hanya tentang dirinya.

Bila merasa kesulitan ada orang lain yang lebih sulit. Jika suka, maka ada yang lebih senang. Inilah yang membuat Marchella maka pribadi yang selalu lebih banyak bersyukur.

“Jadi nya kayak oh dunia itu nggak hanya tentang kita aja. Itu ngebantu sekali bermanfaat banget buat aku menyelesaikan kunci, ” tutup Marchella.

About the author