Pakai Obat Sakit Mata Batalkan Pertarakan? Ini Kata Ustaz Abdul Somad

Pakai Obat Sakit Mata Batalkan Pertarakan? Ini Kata Ustaz Abdul Somad

–>

Bahana. com – Pakai Obat Sakit Mata Batalkan Puasa? Ini Kata Ustaz Abdul Somad

Obat tetes mata menjelma pilihan pengobatan seseorang ketika menjalani gangguan pada indera penglihatan.

Tapi, dengan jalan apa jika menggunakan obat tetes ceroboh saat kita tengah berpuasa? Apakah hal tersebut diperbolehkan ataukah malah bisa membatalkan puasa?

Pertanyaan tersebut dijawab oleh Ustaz Abdul Somad atau UAS dalam video berdurasi 1. 51 menit di channel YouTube Ustaz Abdul Somad Official.

Dalam video ini, UAS menuturkan bahwa banyak masyarakat yang dalam masa kecil kerap diperingati ketika mandi di sungai. Agar mengunci telinga dan hidung agar tak air hingga membatalkan puasa.

Hal tersebut berdasarkan apa yang disampaikan sebab Syeikh Yusuf Alqadarawi dalam fatwa-fatwa kontemporer.

“Kita memahami, memasukkan sesuatu ke dalam rongga, maka batal puasanya. Sementara yang dimaksud dengan ruang itu adalah Al-Maidah, masuk ke dalam tenggorokan dan lambung, ” jelasnya.

Namun, UAS menegaskan, bahwa menggunakan obat tetes mata saat puasa tidak membatalkan, karena mata tak perkara dengan rongga sebagaimana yang dijelaskan tersebut.

“Obat tetes mata tidak mementahkan puasa, obat tetes telinga tidak membatalkan puasa, ” jelasnya.

Jadi mampu disimpulkan, menggunakan obat tetes gegabah ketika sedang berpuasa, tidaklah meniadakan puasa.

Dari Redaksi:
Artikel ini tersaji di microsite khusus Ramadan Suara. com, yang selain memuat beragam konten menarik terkait Ramadhan 1441 H, kali ini juga menghadirkan kurang fitur spesial. Ada fitur Kalkulator Zakat bagi yang butuh membilang zakatnya, menu Tadarus lengkap secara tulisan dan suara untuk yang ingin mengaji atau baca Al Quran online, dan tentu tersedia Jadwal Imsakiyah untuk yang mau mengetahui waktu Imsak, berbuka, maupun waktu salat.

About the author