mengenal-ragam-jenis-hutan-serta-fungsinya-bagi-kehidupan-di-bumi-2

Mengenal Ragam Jenis Hutan Beserta Fungsinya Bagi Kehidupan pada Bumi

Suara. com berantakan Indonesia termasuk sebagai negara yang mempunyai hutan hujan terbesar pada dunia. Tapi selain alas hujan, ada jenis-jenis hutan lain yang keberadaanya sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup bumi.

Hutan tunggal merupakan kawasan yang ditumbuhi oleh pohon dan pokok. Kawasan hutan dikenal secara kelebatan pohon dan tumbuhannya.

Mengutip Kawasan Guru, Kamis (5/8/2021) macam hutan di dunia pada bagi ke dalam tiga jenis, hutan berdasarkan iklim, hutan berdasarkan jenis pokok kayu dan hutan berdasarkan fungsinya. Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut.

satu. Hutan berdasarkan iklim
Berdasarkan Iklim, hutan dapat dibagi menjadi hutan hujan tropis, hutan musim, hutan sabana, dan alas bakau.  

Baca Juga: Potret Rumah 4 Artis Indonesia di Pusat Hutan, Keren dan Mewah

Selanjutnya hutan musim berlokasi di daerah tropis yang memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan kemarau. Hutan musim berpohon jarang dan tinggi pohonnya hanya 12 hingga 35 meter. Pada musim perut, daun-daun di hutan musim meranggas dan bersemi kembali di musim penghujan.

Ilustrasi Labuan Bajo yang dipenuhi sabana (Google Maps)

Untuk hutan sabana Indonesia ada di daerah Nusa Tenggara. Secara umum, alas sabana banyak ditemukan di daerah tropis dengan curah hujan yang relatif rendah. Seperti namanya sabana, dengan berarti padang rumput yang diselingi oleh pepohonan kelompok.

Ada juga hutan bakau sering disebut juga dengan hutan mangrove. Hutan tersebut sering ditemukan di daerah pantai tropik. Hutan bakau berfungsi untuk mengamankan pantai dari ancaman abrasi.

2. Alas berdasarkan jenis pohon
Berdasarkan jenis pohonnya, hutan dapat dibedakan menjelma hutan homogen dan hutan heterogen. Hutan homogen hanya ditumbuhi oleh satu macam pohon, misalnya hutan pinus dan hutan jati.

Hutan Pinus Mangunan (dok istimewa)

Selain itu, hutan homogen biasanya dibuat untuk tujuan tertentu, misalnya buat reboisasi. Oleh karena itu, hutan hasil reboisasi biasanya cenderung homogen.

Baca Juga: Lahan Hutan Melestarikan di Riau Diperjualbelikan Rp 8 Juta per Hektare

Kebalikan dari hutan homogen, hutan heterogen memiliki tumbuhan yang beranekaragam. Hutan heterogen dikenal sebagai hutan belukar. Contoh hutan heterogen adalah hutan tropis.

About the author