mengenal-apa-itu-kapal-pinisi-sejarah-jenis-dan-fakta-unik-ritual-pembuatannya-1

Mengenal Apa Itu Kapal Pinisi: Sejarah, Jenis, dan Data Unik Ritual Pembuatannya

Suara. com – Semenjak 7 Desember 2017, Pesawat Pinisi asal Sulawesi Selatan resmi ditetapkan sebagai Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO sebagai warisan budaya takbenda. Penetapan ini tercatat sebagai PINISI: Art of Boatbuilding in South Sulawesi ataupun seni dalam pembuatan Pesawat Pinisi di Sulawesi Daksina.

Meski sudah diakui UNESCO, sayangnya masih sedikit klub Indonesia yang mengetahui tentang asal muasal sejarah, cara pembuatan, hingga fakta unik seputar Kapal Pinisi.

Dalam dokumen pembelajaran milik Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, berjudul ‘Pinisi Si Kapal Ajaib’ dengan ditulis Dedi Arsa serta terbit pada 2017, membaca secara detail tentang hal ihwal Kapal Pinisi.

Kawasan asal Kapal Pinisi
Kapal Pinisi merupakan kapal kayu legendaris yang berasal dari Bulukumba, Sulawesi Selatan, yang diperkirakan telah dibuat sejak abad ke-14 atau tahun 1400-an.

Baca Selalu: Detik-detik Kapal Pinisi Wartawan Kepresidenan Terbalik di Labuan Bajo

Kini sebagian besar kapal pinisi dibuat di Tana Beru, salah satu kawasan di Bulukumba, yaitu provinsi yang ditinggali para cikal bakal yang secara turun temurun membuat pinisi, dengan jalan gotong royong.

Biasanya perakit pinisi memiliki kerja sambilan seperti nelayan yang pokok membuat perahu untuk dimanfaatkan menangkap ikan.

Kapal pinisi merupakan sejenis kapal layar tradisional dari Suku Bugis, yang memang sejak kala dahulu terkenal sebagai pelaksana perahu dan pelaut.

Bentuk kapal pinisi dan cara pembuatannya
Perahu tradisional ini memiliki dua pokok layar utama dengan tujuh buah layar. Tiga layar dipasang di ujung ajaran, dua layar di bagian depan, dan dua adang-adang lagi dipasang di arah belakang perahu. Layar-layar ini lah yang digunakan sebagai jongos alat gerak kapal masa berlayar.

Tujuh layar tersebut memiliki makna atau tanda jika nenek moyang warga Indonesia mampu mengarungi tujuh samudera di dunia.

Baca Serupa: Kerap Dinaiki Selebritas, Yuk Intip Fasilitas di Kapal Pinisi Mewah Ini

Hal dengan membuat kapal pinisi istimewa adalah pembuatannya yang sedang sangat tradisional, dari bagian alat hingga cara penerapan berbagai komponen kapal. Pesawat juga dibuat langsung pada bibir pantai, dengan tujuan setelah selesai bisa langsung digunakan dan didorong ke laut.

About the author