keren-pria-ini-berhasil-buat-bungkus-bumbu-mi-instan-yang-bisa-dimakan-1

Menawan! Pria Ini Berhasil Buat Bungkus Bumbu Mi Instan yang Bisa Dimakan

Suara. com – Plastik yang sulit diurai tanah hingga kini masih menjadi salah satu penyebab dari kerusakan lingkungan. namun di sisi lain, plastik masih sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Beragam produk menggunakan plastik sebagai kemasan karena dinilai punya daya tahan yang kuat serta ekonomis. Terkait hal ini, seorang pria mencoba membuat pembungkus makanan yang bisa dimakan.

Kemasan yang bisa dimakan ini disebut dengan edible film. Eksperimen pembuatannya ia bagikan melalui akun TikTok @foodtechnologist.

Pertama, ia melarutkan 100 ml air dengan 15 gram gelatin. Ia mengaduk air dan gelatin tersebut dan dipanaskan hingga suhu 60 derajat Celcius.

Baca Juga: Viral Kertas Fotokopi KTP Jadi Bungkus Gorengan, Warganet: Apa Itu Privasi?

Setelah itu ia menuangkan 30 ml larutan gelatin tersebut dan dituang ke cetakan. Ia meratakan adonan itu dan menyebutnya sebagai tahap paling sulit.

Bungkus bumbu yang bisa dimakan (TikTok @ilmumakanan)

Gelatin tersebut kemudian ia diamkan selama 24 jam. Selanjutnyam edible film tersebut ia lipat dan direkatkan dengan sealer.

Selanjutnya ia memindahkan bumbu mi instan ke edible film yang telah dibentuk. Edible film tersebut direkatkan hingga tertutup rapat.

Ia kemudian meletakkannya di sebuah mi instan dan menyiramnya dengan air panas. Edible film langsung larut dan menyatu dengan kuah mi.

Pria ini kemudian meminta warganet untuk membayangkan itu adalah mi di masa depan. Orang tak perlu lagi repot membuka bungkus bumbu dan menghasilkan sampah plastik.

Baca Juga: Tak Terduga! Bukan Kacang Kedelai, Wanita Ini Sulap Mi Instan Jadi Tempe

Video bungkus makanan yang bisa dimakan ini pun jadi viral di TikTok. Belasan ribu komentar memenuhi unggahan ini.

“Aaaaa bagus banget jadi mengurangi sampah plastik, ” komentar seorang warganet.

Warganet lain ikut berkomentar. “Semoga segera dilihat pabrik mi instan, ” ujar warganet ini.

“Ih ini cocok banget buat gue yang orangnya mageran. Tinggal tuang air panas, terus jadi, ” tulis warganet lainnya di kolom komentar.

Sementara itu, hingga Sabtu (29/5/2021), video ini sudah ditonton sebanyak lebih dari 7 juta kali di TikTok.

About the author