Lebaran Hari Pertama, Simak 5 Tips Seru Silaturahmi Online!

Lebaran Hari Pertama, Simak 5 Tips Seru Silaturahmi Online!

–>

Pandangan. com – Lebaran hari pertama akhirnya datang. Tarikh 2020 ini, Hari Raya Idul Fitri pasti terasa berbeda pasal adanya kewajiban untuk menerapkan social distancing di tengah masa pandemi corona.

Artinya, banyak orang-orang yang tidak bisa mudik dan bertemu keluarga. Selain itu, banyak pula yang tidak bisa menjalin silaturahmi secara tepat dengan keluarga besar.

Sebagai gantinya, kegiatan silaturahmi lebaran tahun ini biar terpaksa dilakukan melalui telepon atau video call secara online.

Nah, biar kamu tidak bingung dan canggung ketika harus melaksanakan silaturahmi online, yuk simak dulu leretan tips yang telah dirangkum sebab berbagai sumber berikut.

Ilustrasi Menelepon (Pexels/Andrea)

1. Utamakan telepon lebih dulu

Lewat gambar call, kamu sungguh bisa bertatapan langsung dengan suku dan teman. Namun, komunikasi melalui video juga membuat kamu bertambah mudah lelah.

Kamu bisa memulai secara menelepon untuk mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri. Selain itu, telepon juga bisa terasa lebih intim dan dekat.

2. Lebih sabar saat video call

Jika kamu ingin melakukan panggilan video , ingatlah untuk berpose lebih sabar. Pasalnya, besar jalan orangtua atau anggota keluarga berumur lanjut akan kesusahan dengan teknologi yang ada.

Pilihlah aplikasi video call yang gampang digunakan. Selain itu, jangan ragu untuk membantu anggora keluargamu lebih dulu di awal video call.

3. Berikan pesan yang bernada meyakinkan

Sapaan dan ucapan selamat bisa menjadi cara untuk mendekatkan bagian keluarga yang kini tengah terisolasi.

Oleh karenanya, jangan lupa untuk mengatakan selamat Lebaran serta mengirimkan pesan-pesan bernada positif untuk mempererat silaturahmi di antara kalian, ya.

Ilustrasi Lebaran Online (Pexels/mentatdgt)

4. Jangan sampai memancing konflik

Karena tak mampu bertatap muka, kemungkinan terjadinya percekcokan saat menelepon pun bisa lebih besar.

Kamu dapat tetap berbagi cerita dengan keluarga atau sahabat, tapi usahakan untuk tidak terlalu penuh mengeluh ketika membagikan ceritamu.

Ingat, tujuanmu bersilaturahmi adalah membangun suasana Lebaran walau hanya merayakannya di panti saja.

5. Bicarakan soal zaman lalu dan masa depan

Bila kamu bingung topik apa yang harus dibicarakan, kamu bisa memilah untuk bernostalgia mengenai masa-masa Lebaran yang telah lalu.

Selain itu, bagikan pula kisah lucu yang sudah kamu alami dengan keluarga zaman Lebaran sebelumnya.

Kamu juga bisa membikin rencana untuk masa depan, misalnya apa yang akan kamu kerjakan dengan keluarga begitu pandemi virus corona ini berakhir.

About the author