hari-pelanggan-nasional-sejarah-tujuan-info-diskon-1

Keadaan Pelanggan Nasional: Sejarah, Arah, Info Diskon

Suara. com – Indonesia memperingati hari pelanggan nasional ataupun disingkat dengan Harpelnas dalam Sabtu, 4 September 2021. Harpelnas kerap dirayakan secara diskon, bonus, promo, dan bagi-bagi bingkisan hadiah sebab berbagai perusahaan. Banyak e-commerce yang juga mengadakan resmi tertentu dengan tujuan buat memberikan apresiasi lebih pada pelanggan. Mungkin Anda sekarang sedang ikut merayakannya, akan tetapi apakah Anda sudah terang sejarah hari pelanggan nasional ini terbentuk? Kalau belum, yuk simak artikel ini sampai selesai. Akan terungkap sejarah hari pelanggan nasional Indonesia.  

  1. Bermula dari seorang pengusaha asal Solo
    Dikutip dari laman Keadaan Pelanggan, sejarah penetapan Hari Pelanggan Nasional bermula dibanding ide yang dicetuskan seorang pengusaha asal Solo bertanda Handi Irawan kepada pemerintahan Megawati Soekarno Putri pada tahun 2003.  
    Ide tersebut diterima berbenturan dengan momentum implementasi UU Nomor 8 Tahun 1999 secara luas di tengah masyarakat.  
  2. Seremonial Harpelnas
    Sejak diresmikan, Harpelnas menjadi momen khusus bagi berbagai perusahaan untuk mengabulkan penawaran khusus atas produk-produk mereka kepada masyarakat. Bahkan, pada awal perayaaan, banyak perusahaan baik swasta maupun BUMN yang antusias menyelenggarakan seremonial pada setiap tanggal 4 September. Sampai-sampai, masa itu, para CEO perusahaan ikut terjun melayani konsumen di lapangan. Pada masa Presiden Megawati membuka perayaan Harpelnas untuk pertama kalinya, hadir 200 direktur sempurna dari berbagai perusahaan. Dalam saat itu, ada sekitar 500 perusahaan ikut rayakan Harpelnas pertama kalinya.  
  3. Haluan Harpelnas
    Haluan Harpelnas adalah untuk meningkatkan semangat pelayanan perusahaan pada memberikan kepuasan kepada pelanggan. Sebab memahami kebutuhan & kepuasan pelanggan bukanlah order yang bisa dikuasai di dalam semusim saja. Harapan pelanggan selalu meningkat, apalagi inovasi produk selalu berkembang sejak waktu ke waktu, oleh sebab itu perusahaan juga perlu meningkatkan pelayanan demi memuaskan konsumen.  
  4. Memiliki logo khusus 
    Ada sebuah keterangan menarik dari Harpelnas yaitu sudah memiliki logo khusus. Logo harpelnas berupa mesam-mesem manusia berwarna hijau yang mana senyum di dalam logo itu berarti melukiskan kepuasan pelanggan. Sedangkan warna hijau dipilih untuk menggantikan keramahan dan sikap bersahabat dari perusahaan kepada konsumen. Warna hijau juga menyimpan filosofi sebagai kesejukan & kesuburan dalam konteks harpelnas tentu saja berkaitan dengan kesuburan ekonomi. Sebab haluan jangka panjang dan tersirat dari Harpelnas adalah perekonomian Indonesia akan semakin maju. Logo harpelnas dibuat oleh The Best Ad Desainer Indonesia itu memiliki tipologi khusus dari segi tulisan yang dipasang. Huruf kecil melambangkan sikap rendah absurd dan keinginan untuk langsung maju.  
  5. Diwarnai dengan event promo dan diskon
    Sama halnya dengan harbolnas (Hari Belanja Nasional), harpelnas juga diwarnai secara event khusus promo serta diskon. Khusus hari Harpelnas, para pengusaha se Nusantara berlomba memberikan berbagai promo dan diskon khusus kepada pelanggannya. Tujuan dari promo dan diskon adalah buat meningkatkan daya beli masyarakat. Peningkatan daya beli masyarakat juga berarti peningkatan ekonomi negara, sebab akan terjadi perputaran uang yang semakin sering.

Demikian informasi singkat tentang sejarah hari pelanggan nasional secara singkat. Anda bisa ikut merayakannya dengan berbelanja sepuasnya mumpung ada kehormatan promo dan diskon!

Kontributor: Mutaya Saroh

Baca Juga: Ini Jalan Blibli Sambut Hari Konsumen Nasional 2021

About the author