Hari Olahraga Nasional, Indonesia Kembangkan Daerah Pariwisata Olahraga

–>

Suara. com – Indonesia bersiap mengembangkan daerah pariwisata olahraga yang selama tersebut kurang mendapat perhatian.

Bahkan dalam rangka menyambut peringatan Hari Olahraga Nasional 2020, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menandatangani nota kesepahaman (MoU) pengembangan industri dan pariwisata gerak bersama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Kementerian Perindustrian.

Penandatanganan yang juga dihadiri Menperin Agus Gumiwang dan Wakil Menteri Parekraf Angela Tanoesoedibjo tersebut dimaksudkan dalam kerangka pengembangan program kepemudaan dan keolahragaan melalui kepariwisataan dan ekonomi kreatif.

“MoU ini merupakan kerja sama mengiringi tiga kementerian, bertujuan mendorong biar pariwisata yang terkait kegiatan keolahragaan semakin terintegrasi dan semakin elok. Tentu kita harus bisa berangkulan bersama. Tak bisa kita dorong sendiri-sendiri, ” kata Menpora Zainudin dalam rilis resmi Kemenpora, Jumat (4/9/2020).

“Hal yang sama juga diungkapkan Kementerian Perindustrian, ternyata yang disampaikan tadi banyak hal yang bersentuhan dengan keolahragaan pada sektor indsutri. Nah, kita harus bangga secara produk dalam negeri, ” katanya menambahkan.

Pada kesempatan tersebut, Menpora RI juga meminta kepada pihak terkait untuk melakukan sosialisasi kepada semesta cabang olahraga terkait MoU ini agar dampak baiknya bisa datang ke masyarakat.

Penandatanganan MoU ini juga bagian dari menyambut Hari Gerak Nasional (Haornas) 2020 yang hendak diperingati pada 9 September pada Jakarta. Haornas tahun ini menetapkan tema sport science, sport tourism, dan sport industry.

“Peringatan Haornas 2020 dasar berbeda dengan sebelumnya. Dulu terang dilakukan di daerah. Tapi sebab pandemi COVID-19, maka tahun tersebut dilakukan di Jakarta. Meski demikian, semangat kita tidak boleh mundur. Sekarang kita melakukan kegiatan luar biasa. Kita mendorong tiga tema sekaligus yaitu sport science, sport tourism, dan sport industry, ” ujar Menpora.

Dari tema besar tersebut, Menpora RI juga punya harapan ingin meningkatkan kebugaran di sedang masyarakat, yaitu dengan berolahraga.
Tak hanya itu, dengan inti tersebut, diharap bisa membangkitkan ekonomi masyarakat.

“Saya ingin MoU ini tak sekadar acara resmi, tapi harus kita kawal. Kegiatan ini juga akan kita laporkan ke Bungkus Presiden (Joko Widodo) pada Haornas nanti yang rencananya akan tampil secara virtual, ” pungkas Menpora RI. [ANTARA]

About the author