hari-masyarakat-adat-sedunia-2021-pengertian-sejarah-dan-agenda-tahun-ini-1

Hari Masyarakat Adat Sedunia 2021: Pengertian, Sejarah, dan Jadwal Tahun Ini

Suara. com porakporanda Tahukah kamu, jika setiap tanggal 9 Agustus setiap tahunnya, dunia memperingati Hari Masyarakat Adat Sedunia atau International Day of the World’s Indigenous Peoples. Perayaan ini khusus dibuat oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk menandai agenda sesi pengukuhan Kelompok Kegiatan Penduduk Asli sejak 1982 lalu.

Dilansir dari website resmi PBB, hingga era ini, lebih dari 70 persen populasi dunia status di daerah dengan disparitas pendapatan dan kekayaan. Termasuk masyarakat adat yang sudah menghadapi tingkat kemiskinan dengan tinggi dan kerugian sosial-ekonomi yang akut.

Tingkat ketimpangan yang tetap meningkat ini umumnya dikaitkan dengan ketidakstabilan kelembagaan, korupsi, krisis keuangan, meningkatnya kekejaman, serta kurangnya akses kepada keadilan, pendidikan, dan servis kesehatan.

Bagi masyarakat kebiasaan, kemiskinan dan ketidakadilan yang parah cenderung menimbulkan ketegangan dan konflik sosial dengan intens. Inilah yang keputusannya membuat Hari Masyarakat Kebiasaan Sedunia digelar setiap tahunnya.

Mengaji Juga: PBB Desak Junta Militer Myanmar Segera Bebaskan Aung San Suu Kyi

Taat PBB, hak masyarakat kebiasaan untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan merupakan komponen kunci dalam mencapai rekonsiliasi antara masyarakat adat dan negeri.

Oleh karena itu, secara hadirnya Hari Masyarakat Adat Sedunia, PBB memulai agendanya dengan membuat kontrak baik baru untuk memerangi peninggalan pengucilan dan marginalisasi yang mempengaruhi masyarakat adat.

Peristiwa ini diharapkan dapat membasmi kemiskinan dalam segala bentuk dan dimensinya serta mengurangi ketimpangan untuk mewujudkan Skedul 2030 yang dibuat PBB untuk Pembangunan Berkelanjutan.

Agenda Keadaan Masyarakat Adat Sedunia 2021
PBB hendak merayakan Hari Masyarakat Kebiasaan Sedunia secara online di hari Senin, 9 Agustus 2021, mulai pukul 09. 00 hingga 11. 00 Waktu Standar Timur (EST) melalui acara virtual.

Rujukan Hari Internasional Masyarakat Kebiasaan Sedunia tahun 2021 dalam laman PBB ini hendak menampilkan diskusi interaktif dengan dua pembicara tentang elemen-elemen berbeda yang harus dipertimbangkan ketika membangun dan merancang ulang kontrak sosial baru yang inklusif masyarakat kebiasaan.

Mengaji Juga: 23 Juni, Selamat Hari Bujang Internasional..!

Yang mana pemerintahan masyarakat adat sendiri dan cara hidup kudu berdasarkan persetujuan bebas, didahulukan dan diinformasikan serta partisipasi dan kemitraan yang tulus dan inklusif.

About the author