hari-batik-nasional-2021-ppbi-sekar-jagad-lelang-batik-masa-pandemi-2

Hari Batik Nasional 2021, PPBI Sekar Jagad Lelang Menulis Masa Pandemi

Suara. com – Paguyuban Pecinta Batik Indonesia (PPBI) Sekar Jagad bekerja setara dengan Royal Ambarrukmo serta Bank Indonesia Daerah Sempurna Yogyakarta menggelar acara spesial untuk memperingati Hari Membatik Nasional 2021.

Acara itu digelar pada Sabtu (2/10/2021) di Pendopo Agung Ambarrukmo dengan dihadiri tamu undangan. Beruntung Suara. com bisa ikut menyaksikan acara tersebut via acara Zoom.

Selain memperingati Hari Batik Nasional, PPBI Sekar Jagad selalu mengisi acara tersebut dengan agenda lelang batik Periode Pandemi bersama seniman menulis ternama, Afif Syakur.

Ada sekitar 12 batik bertema Corona yang dilelang dalam sesi pertama acara tersebut. Batik-batik itu berasal sebab pengrajin lokal yang sudah menjadi anggota binaan Bank Indonesia DI Yogyakarta.

Baca Selalu: Butuh Keterlibatan Anak Muda Agar Menggambar Tetap Lestari

Pra memulai lelang, Afif Syakur yang juga merupakan pemilik dari Apip’s Batik membaca bahwa Bank Indonesia telah memberikan dana bantuan sejumlah Rp60 juta untuk para-para pengrajin.

Tangkapan layar tayangan zoom acara Peringatan Hari Batik Nasional 2021 di Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, Sabtu (2/10/2021). (Istimewa)
Tangkapan layar tayangan zoom rencana Peringatan Hari Batik Nasional 2021 di Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, Sabtu (2/10/2021). (Istimewa)

Afif mengatakan bahwa hasil lelang batik masa pandemi tersebut akan disalurkan pengrajin membatik di wilayah DI Yogyakarta. Agenda serupa juga sudah dilakukan pada tahun 2020 kemarin.

“Lelang ini saya upayakan untuk memberikan pengetahuan kepada pembatik, terutama pembatik nitik, ” jelas Afif Syakur dalam acara peringatan Hari Batik Nasional, Sabtu (2/10/2021).

Lelang batik tersebut dibuka sebab angka ratusan ribu serta akan dilepas di nilai yang mencapai jutaan rupiah. General Manajer Royal Ambarukmo Herman Courbois ikut dan dalam lelang ini.

Tatkala itu, Bank Indonesia benar berkomitmen ikut berkontribusi pada melestarikan budaya batik menggunakan program pembinaan tersebut. Itu tak ragu untuk menggelontorkan banyak dana.

Baca Juga: Hari Batik Nasional 2021, Sandiaga Uno Ajak Masyarakat Beli Batik pada Masa Pandemi

Sokongan Bank Indonesia DI Yogyakarta dalam kegiatan ini diharapkan bisa mendorong para pengrajin lokal untuk tetap kaya di tengah pandemi serupa sekarang ini.

Tangkapan layar tayangan zoom acara lelang dalam rangka Hari Batik Nasional 2021 di Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, Sabtu (2/10/2021). (Istimewa)
Tangkapan layar tayangan zoom acara lelang dalam bentuk Hari Batik Nasional 2021 di Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, Sabtu (2/10/2021). (Istimewa)

Melihat daripada kegiatan lelang batik tarikh lalu, total biaya yang didapatkan nantinya akan disalurkan untuk membantu UMKM Batik dalam bentuk bahan & peralatan pembuatan batik.

Pemberian dari lelang ini mampu dibilang cukup fantastis. Tarikh lalu, acara tersebut mampu mengumpulkan dana hingga Rp58 juta. Tentu ini mampu sangat membantu keberlangsungan pengrajin batik.

About the author