Duh, Kebakaran di Australia Ancam Kedudukan Bersejarah Pulau Fraser

Duh, Kebakaran di Australia Ancam Kedudukan Bersejarah Pulau Fraser

Suara. com – Pulau Fraser, salah satu warisan dunia yang tercatat di UNESCO, terancam akibat kebakaran semak luhur yang melanda Australia.

Dilansir ANTARA, semenjak muncul akibat api unggun garang tujuh pekan lalu, api sudah melalap separuh pulau di pesisir timur laut Australia, yang ialah bagian dari Great Barrier Reef dan terkenal dengan hutan hujan tropis di bukit pasir, dan danau.

Penduduk Happy Valley kemudian mendapat kecil penangguhan evakuasi setelah intensitas obor mulai mengecil pada Minggu siang, kata Greg Leach, Komisioner Layanan Darurat Negara Bagian Queensland, pada Australian Broadcasting Corporation (ABC).

“Sekarang saya tidak mengantisipasi bahwa api akan menjalar ke permukiman Happy Valley hari ini, namun kami bakal tetap bekerja keras, ” prawacana Leach.

Baca Serupa: Kaget Saat Merembes Rumah, Wanita Ini Lihat Koala Nangkring di Pohon Natal

“Kami akan lanjut menjalankan pesawat dalam atas api kebakaran mulai fajar esok hari untuk berupaya meredakan api sebisa kami, ” perkataan Leach menambahkan.

Layanan darurat Queensland meminta penduduk untuk mengevakuasi diri setidaknya pada Minggu sore.

“Pergi sesegera mungkin adalah pilihan paling aman, karena sebentar lagi akan terlalu kritis untuk mengemudi. Siapa saja dengan berada di sekitar permukiman Happy Valley harus meninggalkan area, ” tulis Layanan Darurat dan Kebakaran Queensland di media sosial.

Pejabat terkait mengecap bahwa masih terdapat lebih daripada 90 personel, 38 kendaraan, serta 17 pesawat yang tengah berfungsi di Pulau Fraser, termasuk suatu pesawat khusus pemadam api dengan disediakan di Queensland serta suatu pesawat pemadam lainnya yang dikirim dari Negara Bagian New South Wales.

Suhu udara panas di daerah Queensland pada pekan lalu membuahkan kondisi kebakaran yang mencapai puncaknya, dengan 48 titik api dengan kini telah diidentifikasi oleh awak kedaruratan, kata Leach.

Baca Juga: Jalan Membuat Noken Papua yang Jadi Google Doodle Hari Ini

Australia mengalami beberapa kali musim radang yang lebih panas dan lebih lama–musim yang lalu disebut jadi “Black Summer” (“Musim Panas Kelam”) oleh Perdana Menteri Scott Morrison karena memunculkan kebakaran panjang dan intens yang melalap hampir 12 juta hektar lahan serta membunuh 33 orang dan sekitar kepala miliar hewan. [ANTARA]

About the author