Biar Nggak Mubazir, Begini Tips dan Trik Agar Nasi Tak Cepat Basi

Biar Nggak Mubazir, Begini Tips dan Trik Agar Nasi Tak Cepat Basi

–>

Suara. com awut-awutan Menanak nasi memang terasa lebih mudah dengan hadirnya rice cooker. Umumnya, pada zaman awal orang-orang sering memasak nasi dengan panci dan juga kompor. Benar sih, waktunya terbilang cukup periode dengan cara tradisional ini.

Dengan adanya rice cooker , memasak nasi jadi lebih segera dan kematangannya merata. Jika menuangkan air dengan takaran sesuai, nasi juga tidak akan berkerak masa matang.

Akan tetapi ternyata, rice cooker tidak begitu saja menyelesaikan permasalahan nasi yang lekas basi. Faktanya, nasi lebih lekas basi jika dimasak dengan rice cooker lho.

Untuk kalian yang salah mengatasi permasalahan ini, berikut ana rangkum tips dan trik supaya nasi tak cepat basi daripada laman Yukepo. com–Jaringan Suara. com , Selasa (6/10/2020).

  • Gunakan cairan secukupnya

Untuk memperoleh takaran yang pas, kamu tinggal menyentuh permukaan padi di dalam panci dengan ujung telunjuk kamu. Pastikan tinggi air yang sudah dituangkan berada dalam ketinggian yang sama dengan kepala ruas buku-buku jari kamu. Cairan yang terlalu banyak atau terlalu sedikit bisa membuat nasi dengan kamu buat menjadi cepat basi.

  • Aduk nasi sesekali zaman dimasak

Saat sedang dimasak, kamu bisa mengaduk nasi agar kematangannya menjalar. Selain itu, trik ini serupa bisa membuat tekstur nasi menjelma lebih lembut sehingga terasa sip saat dimakan.

Rice cooker untuk memasak nasi. (Shutterstock)
  • Basuh beras sampai bersih

Agar tidak segera basi, cucilah beras terlebih dahulu sampai warnanya putih dan tampak bersih. Dengan begitu, nasi dengan kamu buat di penanak terbengkalai akan lebih tahan lama daripada biasanya. Tapi ingat, jangan sampai airnya terlalu bening juga sungguh. Soalnya, kalau terlalu bersih, kandungan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh bisa banyak yang hilang.

  • Hilangkan uap nasi ketika sudah matang

Saat penanak sudah memberi isyarat bahwa nasi sudah matang, bukalah penutupnya dan biarkan uapnya menguar ke udara, lalu aduk-aduklah sampai uapnya benar-benar hilang. Selain bisa mendirikan nasi menjadi tidak lembap & awet, tekstur nasi yang kamu makan akan terasa lebih pulen. Jangan lupa untuk mengelap embun air yang menempel pada arah bawah penutup juga.

  • Gunakan jeruk lemon

Setelah kamu menuangkan padi dan air ke dalam penanak, kamu bisa menambahkan beberapa tetes jeruk lemon untuk membuat terbengkalai menjadi lebih awet. Nasi dengan kamu masak pun akan menjadi lebih harum sehingga bisa menaikkan selera makan.

Nah, itu dia tadi tips dan trik agar terbengkalai tak cepat basi. Bagaimana, semoga bukan? Dengan cara ini nasi yang kalian masak tentunya tidak akan mubazir alias terbuang sia-sia. Selamat mencoba di rumah sungguh!

About the author