Bertengkar dengan Pasangan Juga Butuh Pengetahuan, Begini Caranya

–>

Suara. com – Dalam sebuah hubungan, perdebatan merupakan sesuatu yang wajar. Namun alih-alih menyelesaikan masalah, tak jarang bertengkar justru jadi ajang tabrak mulut dan saling menyalahkan.

Tentu tidak enak hati rasanya jika bertengkar dengan pasangan hingga menimbulkan seperti itu.

Menurut Psikolog Anak dan Keluarga Anna Surti Ariani S. psi., M. Si., Psi, bertengkar juga kemaluan keterampilan. Ada hal-hal yang kudu diperhatikan agar pertengkaran bisa mengutarakan solusi dari permasalahan.

“Misalnya bisa mulai dari pemilihan waktu. Kalau memang permasalahan penting jangan dilakukan sepintas lalu. Harus ada waktunya, menyelesaikan perkara harus fokus, bertengkar juga kudu fokus, ” kata Anna masa siaran langsung Instagram bersama @ayahbunda_, Selasa (16/6/2020).

Anna menjelaskan, penting buat menyediakan waktu khusus untuk menyelesaikan masalah. Sehingga pembicaraan menjadi pokok dan tidak membahas hal dengan sebenarnya tidak berhubungan dengan sumber masalah.

Baca Juga: Longgarkan Aturan Covid-19, Bagian Ini Langsung Menikah di Keadaan Pertama

“Cukup sering kalau tanggungan atau pasangan ketika berantem langsung gak fokus ke mana-mana. Katakan misal bingung tentang pengelolaan kekayaan. Ya sudah gak usah silih menyalahkan dan gak lerlu teristimewa mengungkit yang lalu, yang dibicarakan saat itu diselesaikan dulu, ” katanya.

Pemilihan kata juga sangat berpengaruh. Anna mengatakan bahwa saat mengantarkan kekesalan atau perasaan bingung bakal jauh lebih efektif menggunakan cara i message daripada you message.

“Misalnya katakan ‘saya bingung menghadapi hal ini’. Itu akan ditanggapi dengan bertambah baik dibandingkan ‘kamu sih bukannya begini’, ” tutur Anna.

Baca Juga: Cara Zee Shahab Redam Rasa Cemburu Pada Pasangan

Selain itu, gerak tubuh seperti menunjuk dan ekspresi wajah melotot bisa membuat pertengkaran makin buruk. Sehingga sebaiknya dikontrol lebih baik.

Kemudian, biasakan pula disetiap akhir pertengkaran untuk sama-sama menyepakati suatu hal sebagai jalan keluar masalah.

“Satu tips bertengkar efektif adalah penting diakhiri dengan kesepakatan dan dijalankan kesepakatannya, ” ucap Anna 

About the author