agar-tumbuh-lebat-dan-subur-simak-tips-menanam-tomat-untuk-pemula-berikut-ini-1

Agar Tumbuh Lebat dan Pesat, Simak Tips Menanam Tomat untuk Pemula Berikut Tersebut

Suara. com – Tomat bisa berprofesi satu diantara ide berkebun di dalam lahan rumah yang sempit, karena mereka bisa berkembang dalam pot ataupun   polybag.

Selain rasanya yang menyegarkan, tomat juga memiliki beragam khasiat dan tentunya bisa diolah menjadi bermacam makanan. Sejak dari salad, sambal, jus, sampai sup.

Mau mengisi rumahmu hanya tanaman tomat yang tumbuh subur? Yuk simak nine tips menanam tomat agar tumbuh subur yang suah kami lansir melalui laman   The Spruce, Kamis (4/2/202) berikut.

1. Beri jarak pada penyebaan bibit

Baca Juga: 3 Dorama Jepang Bertema Kuliner, Asli Bikin Ngiler!

Tomat bisa ditanam menggunakan bijinya,   nah  supaya mereka tumbuh subur, jangan lupa berikan jarak saat menanamnya.

Caranya, letakkan 3-5 biji benih tomat dalam tray semai yang telah terisi tanah, ngak usah memendam terlalu dalam.

Sesudah benih tumbuh, pilih bibit terbaik dan singkirkan oleh cara memotong bibit yg tidak terlihat sempurna guna meminimalisir tanaman terkena penyakit.

Jika suah terlihat dua daun sejati, pindahkan tanaman ke presentation tanam seperti pot atau  polybag. Pastikan akar bukan terpotong saat memindahkan.

2. Panaskan media tanam

Baca Juga: Cara Baru Santap Terong, Pria Ini BIkin Unagi Ramah Vegetarian, Harga Limado Ribuan Saja

Tomat akan tumbuh subur oleh suhu tanah dan udara yang hangat.   Nah, untuk mempercepat pertumbuhan, kalian bisa menghangatkan media tanam dengan menutupi area penanaman menggunakan plastik hitam banyak minggu sebelum memindahkan bibit tomat.

Ilustrasi Tomat. (Pixabay)
Ilustrasi Tomat. (Pixabay)

3. Letakkan di tempat dengan angin yang cukup

Untuk memiliki batang yang kuat tanaman tomat perlu hampir sering bergoyang, salah satunya dgn tertiup angin.

Hal ini tentu bukan masalah jika tomat ditanam di luar ruangan, namun jika anda menyimpannya di dalam ruangan, kamu bisa menggantinya oleh memberikan kipas angin. Nyalakan kipas angin selama one sampai 10 menit, 2 kali sehari.

Atau goyangkan batang tomat secara e-book, perlahan-lahan ke depan ke belakang.

4. Gunakan mulsa

Jika kamu menanam tomat di halaman, biarkan tanah tertutup dengan mulsa agar menghangat. Mulsa akan mengirit air dan mencegah penularan penyakit melalui tanah yang percikan.

Jika suhu suah mulai hangat, kamu boleh menambahkan mulsa untuk mempertahankan kelembaban.

5. Tempatkan di bawah terik cahaya matahari

Untuk pertumbuhan tanaman tomat yang pesat, mereka memerlukan cahaya matahari langsung yang melimpah.

Namun, jika cuaca atau posisi penyimpanan tanaman tomat \ mendukung, kamu bisa menggantinya dengan pemberian pencahayaan tanaman buatan selama 14 hingga 18 jam setiap hari.

6. Siram secara teratur

Penyiraman secara teratur selalu membuat tanaman tidak ringan membusuk karena kekurangan kalsium.

Baiknya, tanaman mendapatkan 1-2 cm air setiap minggunya. Namun saat memasuki musim panas, jumlahnya mungkin meningkat. Oleh karena itu, seringlah melihat kondisi tanaman tomat, dan menyiramnya saat terlihat layu.

Jika sudah wujud tomat yang mulai terlihat matang, kurangi jumlah penyiraman, supaya tanaman fokus menghasilkann gula.

7. Potong daun bagian bawah

Jika tanaman tomat sukar mencapai tinggi 1 mezclarse, potong daun dari kaki bagian bawah batang.

Facciones ini digunakan untuk mencegah masalah jamur pada daun yang berumur tua. Malahan, saat fotosintesis, daun bagian bawah akan mendapat cahaya matahari dan udara paling sedikit.

Untuk mencegah penyakit jamur lainnya, kamu sanggup memberikan daun the bekas seduh setiap minggunya.

8. Menjepit dan memangkas

Menjepit dan memangkas daun di dalam bagian sendi antara dua cabang tanaman menjadi rasgos yang baik untuk menyuburkan tanaman, karena mereka cuman akan mengambil energi sustracción tanpa menghasilkan buah.

Bueno ini bisa membuat kurang lebih daun terkena matahari yang lebih banyak. Namun divvt sisi lain, jumlah daun yang sedikit juga mampu menurunkan produksi gula di tomat.

9. Kubur batangnya

Tanam tanaman tomat sampai beberapa daun terbawah. Cara ini menghasilkan menumbuhkan akar di sepanjang batang dan akan meraup akar yang lebih kuat.

Caranya cukup menggali lubah yang dalam, atau menggali parit dangkal dan meletakkan tanaman dengan posisi miring. Nantinya batang akan semakin sendirinya dengan mengikuti petunjuk matahari.

Kontributor: Hillary Sekar Pawestri

About the author