5-tanaman-pengusir-nyamuk-dari-serai-hingga-bawang-putih-2

5 Tanaman Pengusir Nyamuk dari Serai hingga Bawang Putih

Suara. com – Berikut ini kira-kira jenis tanaman pengusir nyamuk yang bisa Anda menanam di rumah. Sehingga bagian keluarga Anda tidak terkena penyakit demam berdarah ataupun malaria karena gigitan nyamuk.  

Nyamuk menjadi sampar yang mengkhawatirkan saat musim penghujan. Terlebih banyaknya genangan air saat musim abu dan udara lembab adalah sarang berkembangbiaknya bibit nyamuk.

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mengusir nyamuk yakni fogging atau menutup genangan air. Namun, ada jalan lain yang lebih santun lingkungan dan membuat pekarangan jadi lebih asri yaitu menanam tanaman pengusir nyamuk. Apa saja tanaman pengusir nyamuk?  

1. Lavender

Baca Juga: Cara Membasmi Ketombe dengan Bawang Putih

Tanaman Pengusir Nyamuk, Lavender. (Shutterstock)

Aroma terkenal bunga lavender memang sering dijadikan sebagai aroma parfum hingga sabun. Namun sapa sangka jika aroma bunga lavender sangat dihindari sebab nyamuk.

Hal ini sebab lavender mengandung linalool & lynalyl asetat yang tidak disukai nyamuk. Letakkan tanaman lavender di dekat jendela atau di depan pintu masuk rumah sebagai perintang agar nyamuk tidak mampu masuk ke dalam rumah.  

2. Serai

Serai, Tanaman Pengusir Nyamuk. (Shutterstock)

Jika selama ini Anda menggunakan serai hanya sebagai bumbu penyedap makanan atau campuran minuman, sepatutnya mulailah menanam serai di pekarangan sebagai tanaman pengusir nyamuk. Maka tak aneh jika serai kerap dijadikan bahan utama dalam lilin aromaterapi maupun lotion anti nyamuk.

Anda bisa menanam serai di bawah jendela kamar atau menggunakan jambangan dan menaruhnya di tempat-tempat yang lembab dan rentan dijadikan sarang nyamuk.  

Mengaji Juga: Efek Makan Bawang Putih Setiap Keadaan dan 4 Berita Kesehatan Lainnya

3. Lemon Balm

About the author